Call us today 0363-23074

Quick Info : Dalam upaya ikut serta mewujudkan program wajib belajar, maka Mandiri…

Laporan Interim

Ditulis pada 18 Nov 2021 oleh putu mardika, hits : 13

 Periode interim merupakan suatu periode yang jangka waktunya kurang dari satu tahun keuangan penuh. Interim diadaptasi dari bahasa inggris yakni,interimyang didefinisikan sebagai berikut : Intended to last for only a shortime until something more permanent is found (Oxford Advanced Learner’s). Mengacu kepada yang terakhir dalam waktu dekat sampai sesuatu yang permanen ditemukan.

 

Laporan keuangan interim (interim financial report) adalah suatu laporan keuangan yang berisi seperangkat pernyataan lengkap atau seperangkat laporan keuangan ringkas untuk satu periode interim (Ankarath,2012:264). Periodisitas suatu laporan keuangan dapat berupa kwartalan dan semester.

Laporan keuangan interim merupakan laporan keuangan yang berisi baik laporan keuangan lengkap atau laporan keuangan ringkas suatu periode interim. Periode interim adalah suatu periode laporan keuangan yang lebih pendek dari satu tahun buku penuh. Jika entitas menerbitkan laporan keuangan ringkas dalam laporan keuangan interimnya, maka laporan keuangan ringkas tersebut mencakup dalam laporan keuangan tahunan dan catatan penjelasan. Laporan interim wajib dibuat oleh perusahaan yang terdaftar di badan pengawas pasar modal seperti Securities Exchange Commision di Amerika Serikat dan Bursa Efek di Indonesia, hal ini agar semua perusahaan dapat menunjukkan kinerjanya kepada pihak pihak yang terkait. Pengungkapan dalam laporan keuangan interim mengenal adanya konsep estimasi dan materialitas.

Jika merujuk pada definisi Laporan keuangan interim laporan laporan keuangan yang diterbitkan jika pihak manajemen dan beberapa stakeholder membutuhkan laporan keuangan pada saat tertentu yang berisi baik laporan keuangan lengkap atau laporan keuangan ringkas untuk suatu periode yang lebih pendek dari satu tahun buku penuh (setiap kuartal atau semester). Laporan keuangan interim memberi gambaran pendapatan dan beban periode interim tersebut. Laporan keuangan interim tertentu diperbandingkan dengan periode sebelumnya memberi manfaat yang lebih besar bagi para pemakai laporan dalam contoh kondisi-kondisi sebagai berikut:

  1. Laporan keuangan interim diperbandingkan dengan laporan keuangan interim periode sebelumnya,untuk mengetahui kecenderungan (trend) posisi keuangan dan kinerja
  2. Laporan keuangan interim diperbandingkan dengan interim yang sama dalam periode akuntansi yang lalu untuk mengetahui kecenderungan berulang (cyclical) musiman dari kegiatan usaha
  3. Laporan keuangan interim diperbandingkan dengan laporan keuangan kumulatif dari awal tahun buku sampai engan tanggal laporan keuangan interim untuk mengetahui kontribusi atau pengaruh periode interim yang dilaporkan pada periode berjalan
  4. Laporan keuangan interim diperbandingkan dengan laporan keuangan tahun buku yang lalu, untuk mendapat gambaran pengaruh dan kinerja interim tersebut terhadap posisi keuangan, kinerja dan arus kas periode akuntansi yang lalu. 

Dengan uraian di atas maka menurut saya laporan keuangan interim memberikan manfaat yang lebih besar bagi para pemakai laporan/stakeholder pada saat pemakai laporan/stakeholder membutuhkan data yang cepat dan akurat dalam rangka pengambilan kebijakan baik untuk keperluan investasi, penyusunan regulasi maupun keperluan-keperluan lain.

Sumber/Referensi : Slamet Sugiri, Vogy Gautama Buanaputra, 2021, Akuntansi Keuangan Lanjutan II (BMP EKSI4311), Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka

November 2021
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
GALERI VIDEO