Call us today 0363-23074

Quick Info : Dalam upaya ikut serta mewujudkan program wajib belajar, maka Mandiri…

PRINSIP PRINSIP PENGADAAN PUBLIK

Ditulis pada 13 Nov 2020 oleh putu mardika, hits : 88

Prinsip-prinsip dasar pengadaan publik antara lain:

  1. Prinsip transparansi,
    Informasi terkait proses pengaadaan publik harus tersedia untuk semua pemangku kepentingan pengadaan publik seperti para kontraktor, pemasok, penyedia layanan dan publik pada umumnya, kecuali terdapata alasan valid dan legal untuk menjaga informasi tertentu menjadi rahasia.
  2. Prinsip integritas
    Integritas dasarnya dalah keandalan. Prinsip integritas yang dimaksud meliputi integritas proses pengadaan barang dan integritas praktisi pengadaan barang publik. Integritas proses pengadaan barang publik menjamin kepercayaan dalam sistem pengadaan publik. Oleh karena itu, para penawar, dan semua pemangku kepentingan lainnya harus dapat mengandalkan informasi yang disebarkan oleh komite pengadaan, secara formal maupun informal. Informasi yang terkadung dalam setiap dokumen dalam proses pengadaan harus andal dan bebas dari ambiguitas atau prasangka.
    Disisi lain, praktisi yang bekerja dalam komite pengadaan dan pejabat pemerintah lainnya yang terlibat dalam proses pengadaan publik, harus menampilkan integritas pribadi dan profesional. Para Praktisi khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terlibat dalam proses pengadaan publik harus jujur dan dapat dipercaya, bertanggung jawab dan dapat diandalkan. Anggota komite pengadaan harus selalu menjaga tujuan persyaratan pengadaan dalam pikiran, dan berusaha untuk memastikan akuntabilitas pengadaan publik, sebagaimana diamanatkan oleh peraturan perngadaan publik.
  3. Prinsip Ekonomi
    Prinsip ekonomi menekankan kebutuhan untuk mengelola dana masyarakat dengan hati-hati
    dan due diligence sehingga harga dibayar untuk setiap barang dan jasa yang dibeli mencerminkan dana publik yang dikeluarkan untuk setiap nilai barang/jasa. Setiap orang yang terkait dengan proses pengadaan publik atau langsung memfasilitasi akuisisi barang dan jasa dengan dana publik harus berusaha menghindari penipuan, pembuangan dan penyalahgunaan sumber daya publik.
  4. Prinsip Keterbukaan
    Pengadaan publik harus terbuka untuk semua organisasi yang berkualias dan individu. Masyarakat juga harus memiliki akses ke informasi persyaratan pengadaan publik.
  5. Prinsip Keadilan
    Prinsip keadilan yang dimaksud bukan sekedar memberlakukan semua peserta tander sama, namun lebih daripada itu. Salah satu bentuk upaya penerapan prinsip keadilan dalam pengadaan publik adalah pengambilan keputusan dan tindakan harus pasti, dengan tidak ada perlakuan istimewa pada individu atau organisasi. Semua penawaran harus dipertimbangkan atas dasar kepatuhan pada ketentuan dokumen; dan penwaran boleh ditolak dengan alasan terkait kelengkapan dokumen permohonan dan aturan pengadaan.
  6. Prinsip Kompetisi
    Proses pengadaaan publik tidak boleh dimanipulasi untuk kepentingan organisasi atau individu. Disamping itu pengadaan publik harus memberikan peluang yang sama kepada setiap orang/organisasi yang memenuhi persyaratan untuk ikut ambil bagian dan berkompetisi sebagai penyedia barang/jasa.
  7. Prinsip Akuntabilitas
    Akuntabilitas dalam pengadaan publik berarti siapa pun yang terlibat dalam pengadaan publik bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan yang dilakukan dan diambil sehubungan denganĀ  proses pengadaan publik.
January 2021
SuMoTuWeThFrSa
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
GALERI VIDEO