Call us today 0363-23074

Quick Info : Dalam upaya ikut serta mewujudkan program wajib belajar, maka Mandiri…

MBC - Pembelajaran di Tengah Pandemi COVID-19

Ditulis pada 26 Nov 2020 oleh putu mardika, hits : 220

Pandemi Covid-19 membuat program-program implementasi Mandiri Bina Cipta [MBC] yang telah direncanakan terpaksa mengalami penyesuaian. Meskipun demikian, beberapa program Mandiri Bina Cipta [MBC] tetap dilaksanakan, salah satunya adalah program Pendidikan Kesetaraan

Pendidikan Kesetaraan merupakan salah satu bentuk pendidikan nonformal. Menurut UU no 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan nonformal adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara terstruktur dan berjenjang, diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat. Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Bahwa program KMP ini berkaitan dengan tujuan dari dilaksanakannya Mandiri Bina Cipta [MBC] yakni agar terwujudnya insan cerdas yang mandiri dan berkarakter mulia, maka Putu Mardika selaku Pimpinan MBC berharap para para tutor/pendidik di lingkungan MBC ini akan menjadi agen yang bisa menginspirasi lingkungan masyarakat dan tentunya membantu masyarakat untuk bisa melaksanakan pembelajarannya dengan menggunakan teknologi-teknologi yang dikuasai.

“Pendidikan selama masa pandemi ini tidak boleh kehilangan makna. Karena pendidikan tidak hanya sekadar mengenai pembelajaran, tetapi juga membangun sikap, perilaku, mindset, soft skill dan hard skill yang harus dikuasai oleh para pendidik dan tutor di lingkungan MBC,” pungkasnya.

Lebih lanjut Putu Mardika menjelaskan bahwa pada saat para tutor akan melakukan proses mengajar, maka mereka akan mengajarkan mengenai literasi, membangun sikap positif, semangat untuk positif, semangat untuk sehat, semangat untuk bisa, dan semangat untuk maju. Hal-hal tersebut yang ditekankan dan dibangun bersama para para tutor lainnya untuk Indonesia yang lebih baik, Indonesia yang sehat, Indonesia yang maju, dan Indonesia yang jaya.

“Saat teman-teman mahasiswa mengajar, mohon untuk selalu mengimbau lingkungan sekitar untuk menghindari 3C yaitu closed spaces (ruang tertutup), crowded places (tempat kerumunan), dan close contact settings (situasi berdekatan). Selain itu juga untuk selalu mematuhi 3M yaitu memakai masker saat berjumpa orang lain, mencuci tangan setiap memulai atau mengakhiri kegiatan, dan menjaga jarak aman saat bersama orang lain,” pesan Putu Mardika.

June 2021
SuMoTuWeThFrSa
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
GALERI VIDEO