Call us today 0363-23074

Quick Info : Program kuliah sambil magang adalah program kerjasama MBC dengan Poltek…

Pembagian Laporan Hasil Belajar (Rapor) Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di Banjar Dinas Cangwang dihadiri Kabid PAUD dan PNF

Ditulis pada 26 Jun 2021 oleh putu mardika, hits : 197

Pada hari ini (26 Juni 2021 Red). Lembaga Mandiri Bina Cipta melalui PKBM Mandiri Bina Cipta melaksanakan pembagian Laporan Hasil Belajar kepada para warga belajar program kesetaraan paket C yang ada di unit belajar Banjar Dinas Cangwang, Desa Bunutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Dalam kegiatan tersebut hadir bapak I Nyoman Adil, S.Pd selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem yang mewakili Kepala Dinas. Hadir pula Perbekel (Kepala Desa) Bunutan, Kelian Banjar Dinas Cangwang, Kelian Banjar Adat Cangwang serta orang tua dan wali para warga belajar. 

"Pembagian rapor semester genap tahun pelajaran semestinya dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021 sesuai dengan kalender pendidikan di Mandiri Bina Cipta, namun karena MBC memiliki beberapa unit kerja yang terletak menyebar di berbagai daerah, maka pelaksanaan pembagian rapor dilakukan secara bergilir untuk setiap unit belajar yang ada " ujar Ibu Aryaningsih, selaku Kepala PKBM. 

Dalam paparan yang disampaikan oleh Putu Mardika selaku Ketua Lembaga Mandiri Bina Cipta bahwa keberadaan unit belajar di Banjar Dinas Cangwang merupakan salah satu upaya mewujudkan visi lembaga untuk menjadi lembaga pilihan masyarakat dalam mewujudkan insan yang  kompeten, cerdas, terampil, profesional, mandiri,  dan berbudaya sebagai upaya turut serta mewujudkan Karangasem Era Baru yang Pradnyan, Kertha , Santi dan Nadi (Karangasem Prakerti Nadi). Dalam paparannya pula Putu Mardika menyampaikan bahwa peranan pendidikan kesetaraan yang dikemas di Mandiri Bina Cipta menggunakan konsep Merdeka Belajar. Merdeka belajar dalam arti bahwa pelaksanaan pembelajaran disesuaikan dengan waktu dari para warga belajar sepanjang tidak mengabaikan tujuan pokok dari pembelajaran. "Metode Tata Muka, Tutorial dan Belajar Mandiri harus dimanfaatkan secara optimal oleh warga belajar. Belajar tidak mesti harus dengan tatap muka di kelas, belajar tidak mesti harus menunggu para guru/tutor memberikan materi pembelajaran. Belajar bisa dilakukan dimana saja, kapan saja dan dengan apa saja. Belajar bisa dilakukan saat melakukan pekerjaan rutin seperti saat berbelanja, menyapu lantai. Bankan belajar bisa dilakukan saat melakukan pekerjaan sebagai tukang bangunan." Mardika mencontohkan penerapan dan konsep belajar sambil bekerja saat memasang kramik. "Misalkan kita sebagai tukang bangunan yang akan memasang kramik di lantai. Kita sudah tahu ukuran panjang dan lebar lantai dengan melakukan pengukuran. Dengan data tersebut, kita bisa menghitung luas lantai yang akan dipasangin kramik. selanjutnya kita akan tahu jumlah dus kramik yang dibutuhkan.  Dalam hal ini kita sudah belajar matematika yakni menghitung luas bangun datar."

Dalam kegiatan pembagian rapor ini, I Nyoman Adil, S.Pd selaku Kepala Bidang PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Karangasem memberikan Pembinaan, Arahannya. Dalam arahannya, Kabid Paud dan PNF  menegaskan peran dan arti penting pendidikan bagi masyarakat. Ditegaskan pula agar sinergi berbagai unsur terkait sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan pemerataan pendidikan di Kabupaten Karangasem. I Nyoman Adil juga meminta agar para warga belajar tetap menjaga semangat dan tekadnya untuk mengikuti pendidikan. I Nyoman Adil juga meminta kepada orang tua/wali siswa agar memberikan dorongan dan semangat kepada para warga belajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. dalam kegiatan ini pula disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Karangasem memberikan beasiswa kepada para warga belajar yang berasal dari keluarga kurang mampu. Kepada Lembaga MBC, Kabid Paud dan PNF memerintahkan agar pendataan  warga yang berhak untuk mendapatkan beasiswa dimaksud agar dilaksanakan secara teliti. 

November 2021
SuMoTuWeThFrSa
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
GALERI VIDEO